Sabtu, 24 April 2010

MENGENAL HIPNOSIS



Penting sekali untuk menjalaskan kepada masyarakat apa itu "HIPNOTIS YANG SEBENARNYA", karena masyarakat Indonesia telah dibombardir oleh informasi yang keliru mengenai hipnotis. Dalam persepsi kebanyakan masyarakat Indonesia, hipnotis dihubungkan dengan kekuatan gaib dan kejahatan. Padahal sebenarnya hipnotis adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang sudah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO sebagai cara pengobatan yang aman dan bermanfaat. Banyak psikiater, psikolog, maupun psikoterapis di luar negeri yang menggunakan hipnotis sebagai sarana terapi pikiran. Sedangkan di Indonesia, hipnotis sedang dalam masa perkembanggannya.


  • DEFINISI HIPNOSIS

  • U.S. Department of Education, Human Services Division, membuat devinisi “Hypnosis is the by-pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking” atau “hipnotis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti tertentu”.


  • SEJARAH HIPNOSIS

  • Seperti bidang ilmu lainnya, ilmu hipnotis terus ber-evolusi untuk mencapai kesempurnaanya dalam teori dan praktek. Hipnotis yang ada sekarang sudah sangat maju dibanding hipnotis 200 tahun yang lalu. Para tokoh yang menggunakan hipnotis mencoba merumuskan hipnotis secara ilmiah dan juga menemukan berbagai teknik baru yang efektif. Kali ini kita akan mengulas sejarah hipnotis melalui peran para tokoh hipnotis yang terkenal dari masa ke masa.


  • CARA KERJA HIPNOSIS

  • Pikiran atau kesadaran kita itu seperti bawang yang berlapis-lapis. Secara garis besar manusia punya satu pikiran/kesadaran yang terdiri dari dua bagian, yaitu pikiran sadar dan bawah sadar. Pikiran Sadar adalah proses mental yang bisa Anda kendalikan dengan sengaja. Pikiran Bawah Sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya dan sulit untuk dikendalikan secara sengaja.


  • JENIS JENIS HIPNOSIS

  • Banyak sekali manfaat hipnotis. Karena terlalu banyak dan sangat bervariasi, tidak seorangpun yang bisa secara pasti menyebutkan apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari hipnotis. Hipnotis bisa berperan hampir di semua bidang kehidupan yang melibatkan pikiran manusia. Jenis-jenis hipnotis berikut ini dibedakan bedasarkan bidang aplikasinya yang paling populer dalam dunia hipnotis.




1 komentar:

ACE MAXS mengatakan...

saya baru nih gan tentang apa yang disebut dengan hionosis ini

Posting Komentar

Please NO SPAM